Malang Raya adalah daerah paling istimewa di muka bumi ini. Mulai dari wisatanya, kulinernya, sejarahnya, tokoh-tokohnya, pendidikannya, seni dan budayanya, dan sebagainya. Semua keistimewaan itu ada di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu yang bersatu di kawasan Malang Raya. Belum lagi jika melihat potensi sepakbolanya yang ada pada Arema dan lain-lainnya. Nikamt dunia apa lagi dari-Nya yang Anda dustakan? Salam Satu Jiwa!

PANTAI DI MALANG

COBAN DI MALANG

KECAMATAN DI KOTA MALANG

Home » , , » PANTAI TELOK (GEDANGAN)

PANTAI TELOK (GEDANGAN)


Banyak pantai yang terlihat dari dalam kendaraan ketika Anda melintasi Jalur Lintas Selatan di pesisir Kabupaten Malang. Salah satu keelokan itu terpancar dari Pantai Telok atau biasa disebut juga Pantai Ngelengguk yang berada di daerah Kecamatan Gedangan.

Pantai ini menawarkan sebuah pemandangan alami yang bisa dibilang masih perawan. Belum bayak orang yang berkunjung ke pantai ini. Hanya tampak beberapa warga lokal yang sedang memancing atupun mencari kerang di sekitar pantai saat menjelang sore. Sepinya pantai ini tak lepas dari belum adanya pengelolaan secara profesional sebagai objek wisata seperti deretan pantai lain di Malang selatan, seperti Sendang Biru atau Balekambang.

Penampakan Pantai Telok ini cukup bersahaja, memiliki garis pantai yang tidak terlalu lebar dengan karakteristik ombak khas pantai selatan yang tergolong ganas. Keelokan pasir putihnya yang lembut membentang menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Jernihnya air lautnya menjadi daya tarik lain. Cuaca di pantai ini sangatlah panas, apalagi tidak ada satu pun pohon yang bisa dipakai untuk berteduh. Saat mata Anda memandang ke bagian paling barat pantai ini, terdapat sebuah bukit besar yang bentuknya menyerupai kura-kura raksasa. sehingga menambah kesan eksotis pantai ini.

Karena memiliki ombak yang sangat besar, Anda tidak disarankan untuk berenang di pantai ini. Namun, Anda masih bisa menikmati pemandangan lepas laut dengan duduk-duduk di bibir pantai dengan pasir putihnya. Biasanya, menjelang sore hari, ombak mulai surut, sehingga Anda bisa berenang di tepian pantai. Selain harus tetap waspada terhadap ombak yang datang, Anda harus cermat memerhatikan banyaknya bulu babi di sekitar bibir pantai.

Karena belum dikelola secara profesional, maka fasilitas umum sulit didapatkan di Pantai Telok ini. Tidak ada warung makan, penginapan, atau sekadar kamar mandi. Solusinya, Anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah agar tak kelaparan usai jalan-jalan menyusuri pantai.

Cukup mudah mencari lokasi Pantai Telok dari Kota Malang. Setelah melalui Gadang, lanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Bululawang, Kecamatan Turen, lalu ke arah Pantai Sendang Biru, karena kedua pantai itu masih satu jalur. Satu kilometer sebelum sampai di Sendang Biru, Anda akan menemukan pertigaan yang ada papan petunjuk arahnya. Ikuti saja arah ke Pantai Gua Cina melalui Jalur Lingkar Selatan (JLS). Di jalur ini Anda akan menemui papan petunjuk arah menuju ke pantai-pantai seperti Gua Cina, Bajul Mati, Parang Lot, dan Jelangkung. Namun, untuk menuju ke Pantai Telok, Anda bisa menitipkan kendaraan di Pantai Jelangkung. Dari pantai tersebut, Anda bisa tracking ke arah barat naik melewati bukit kecil. Kedua pantai tersebut memang bersebelahan. Di balik bukit kecil yang harus dilalui selama lima menit itulah letak Pantai Telok.

0 comments:

MLG-87 FANS