Malang Raya adalah daerah paling istimewa di muka bumi ini. Mulai dari wisatanya, kulinernya, sejarahnya, tokoh-tokohnya, pendidikannya, seni dan budayanya, dan sebagainya. Semua keistimewaan itu ada di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu yang bersatu di kawasan Malang Raya. Belum lagi jika melihat potensi sepakbolanya yang ada pada Arema dan lain-lainnya. Nikamt dunia apa lagi dari-Nya yang Anda dustakan? Salam Satu Jiwa!

PANTAI DI MALANG

COBAN DI MALANG

KECAMATAN DI KOTA MALANG

Home » , , » PANTAI SUMENGGUNG (SUMBERMANJING WETAN)

PANTAI SUMENGGUNG (SUMBERMANJING WETAN)


Selain Pantai Balekambang, ternyata ada satu lagi pantai di pesisir selatan Kabupaten Malang yang memiliki pulau kecil di seberangnya. Tempat yang tak kalah eksotis itu adalah Pantai Sumenggung yang berada di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Pantai Sumenggung merupakan salah satu pantai di Malang selatan yang pesonanya cukup memanjakan mata anda. Pantai ini memiliki ciri khas dengan adanya pulau kecil di seberangnya yang menjadi pemandangan cukup menarik. Pulau ini memang tak terlalu luas, namun sudah mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah. Menariknya, ombak di sekeliling pulau dan pantai ini cukup tenang, meski biasanya secara tiba-tiba penampakan ombak lautnya menjadi besar. Jadi, Anda yang berenang di pantai ini haruslah selalu waspada.

Hamparan pasir putih nan halus yang ada di Pantai Sumenggung ini akan menghipnotis pengunjung untuk berlama-lama bermain di atasnya. Pepohonan dan batuan karang dengan ukuran sangat besar pun menghiasi bibir pantai. Pantai ini juga sangat direkomendasikan untuk para pemburu sunrise dan sunset karena memiliki tempat yang cocok.

Jika Anda ingin menikmati malam di Pantai Sumenggung disarankan untuk mendirikan tenda di area Pantai Goa Cina yang letaknya tak jauh. Sebab, Pantai Sumenggung sangat minim fasilitas yang ada. Termasuk pula untuk urusan isi perut, pantai ini kurang representatif karena belum ada penjual makanan. Jadi, Anda harus membawa bekal dari rumah atau membeli makanan di area pantai tetangga, Pantai Goa Cina.

Jarak menuju ke Pantai Sumenggung dari Malang sejauh 75 km. Jarak ini biasanya dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2,5 sampai 3 jam perjalanan. Jalan menuju ke pantai ini agak sulit dan membutuhkan tenaga ekstra. Dari pusat Kota Malang, langsung saja menuju arah selatan melalui daerah Gadang, lalu ke Bululawang, kemudian menuju Turen. Dari sana, silakan saja ikuti petunjuk ke arah Pantai Sendangbiru. Setelah sampai di pertigaan Pantai Sendangbiru, atau ketemu Jalur Lintas Selatan belok saja ke kanan, yang mengarah ke Pantai Goa Cina. Pantai Sumenggung ini masih satu arah dengan lokasi Pantai Goa Cina, bahkan pintu masuknya pun berada di pantai tersebut.

Akses jalan dari Pantai Goa Cina ke Pantai Sumenggung hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi saja, sedangkan untuk kendaraan umum belum ada yang sampai ke Jalur Lintas Selatan tersebut. Karena masih belum dikelola dengan profesional, tiket masuk dan parkir Pantai Sumenggung jadi satu dengan Pantai Goa Cina.

0 comments:

MLG-87 FANS