Malang Raya adalah daerah paling istimewa di muka bumi ini. Mulai dari wisatanya, kulinernya, sejarahnya, tokoh-tokohnya, pendidikannya, seni dan budayanya, dan sebagainya. Semua keistimewaan itu ada di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu yang bersatu di kawasan Malang Raya. Belum lagi jika melihat potensi sepakbolanya yang ada pada Arema dan lain-lainnya. Nikamt dunia apa lagi dari-Nya yang Anda dustakan? Salam Satu Jiwa!

PANTAI DI MALANG

COBAN DI MALANG

KECAMATAN DI KOTA MALANG

Home » , , » PANTAI PARANG DOWO (GEDANGAN)

PANTAI PARANG DOWO (GEDANGAN)


Tak banyak pantai di pesisir selatan Kabupaten Malang yang memiliki keindahan gugusan batu karang sebagai pelengkapnya. Salah satu dari yang langka itu adalah Pantai Parang Dowo yang berada di kawasan Kecamatan Gedangan.

Karena pantai ini terlihat jelas dari Jalur Lintas Selatan (JLS), banyak kendaraan yang berhenti di tepi jalan untuk sekadar megabadikan pemandangan pantai maupun selfie menggunakan kamera handphone. Pintu masuknya yang resmi memang belum ada, namun Anda bisa memasuki kawasan Pantai Parang Dowo melalui Pantai Jaelangkung yang berada di sebelahnya. Anda bisa berjalan di tepian pantainya saat air surut, menyusurinya hingga memasuki area pantai ini. Kendaraan bisa diparkir di dekat jalan raya sebelum berjalan kaki.

Paling asyik berkunjung ke pantai ini sambil membawa bekal. Misalnya saja ikan mentah yang dibakar dadakan di tepian pantai sambil menikmati keindahan lautan berhias gugusan batu karang. Sementara itu, anak-anak dapat bermain air di bibit pantai. Ya, pantai ini aman untuk anak-anak maupun orang dewasa yang ingin berenang di tepiannya. Pasalnya, seperti dijelaskan di atas, pantai ini memiliki gugusan batu karang yang membentang dari barat ke timur. Gugusan batu karang itu yang menjadi pelindung pantai dari sapuan ombak besar laut selatan. Namun demikian, khusus anak-anak yang bermain air haruslah tetap dalam kontrol dan pengawasan orang dewasa.

Pada saat air surut, genangan air di pantai relatif tenang dan aman. Namun, ketika air pasang, air akan meninggi, dan ombak pun akan terasa mencapai tepian pantai, meski gelombangnya tak terlalu kuat.

Jika ingin bermain air, Anda disarankan untuk melakukannya di bagian timur, karena dasarnya adalah pasir. Sementara itu, di bagian barat, dasarnya adalah batu-batuan. Di sela-sela batuan itu biasanya terdapat biota laut, seperti ikan-ikan kecil yang sedang mencari makan. Banyak pula binatang laut lainnya yang menempel, dan karang laut yang tumbuh dan berkembang.

Di pantai yang letaknya di sebelah barat Pantai Jelangkung ini terdapat karang yang seolah sedang rebahan, berada sekitar 10 meter sebelum bibir pantai. Karang itu tingginya hanya sekitar 50 cm dan memanjang sepanjang pantai 300 meter.

Pantai Parang Dowo ini terletak di Dusun Bajulmati, Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan. Tepatnya berada di antara Pantai Jelangkung dan Pantai Batu Bengkung. Pantai Jaelangkung sendiri posisinya berada tepat di sebelah barat Pantai Bajulmati. Pantai ini memang belum seterkenal Pantai Bajulmati maupun Batu Bengkung. Namun dari bukan ke bulan pengunjungnya terus meningkat.

Rute yang harus ditempuh untuk mencapai pantai ini sekitar 78 kilometer. Dari pusat Kota Malang, Anda harus mengarahkan kendaraan menuju ke Kecamatan Turen, lalu ke Sumbermanjing Wetan, Sitiarjo, dan sampai ke Sendangbiru.

0 comments:

MLG-87 FANS