Malang Raya adalah daerah paling istimewa di muka bumi ini. Mulai dari wisatanya, kulinernya, sejarahnya, tokoh-tokohnya, pendidikannya, seni dan budayanya, dan sebagainya. Semua keistimewaan itu ada di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu yang bersatu di kawasan Malang Raya. Belum lagi jika melihat potensi sepakbolanya yang ada pada Arema dan lain-lainnya. Nikamt dunia apa lagi dari-Nya yang Anda dustakan? Salam Satu Jiwa!

PANTAI DI MALANG

COBAN DI MALANG

KECAMATAN DI KOTA MALANG

Home » , , » PANTAI KARANG BOLONG (GEDANGAN)

PANTAI KARANG BOLONG (GEDANGAN)


Tak semua pantai memiliki keunikan tersendiri seperti yang ada di Pantai Karang Bolong yang terletak pesisir selatan Kabupaten Malang. Pantai yang ada di Kecamatan Gedangan tersebut memiliki objek sebuah batu karang yang berlubang sebagai salah satu daya tariknya.

Pantai yang terhampar di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang masih terpencil. Tak semua orang mengetahui keberadaannya. Untuk menemukannya pun bukan perkara mudah, meski berada satu garis dengan Pantai Batu Bengkung yang sudah lebih dulu tenar. Jika kesulitan mencari pintu masuknya, dari Pantai Batu Bengkung, Anda tinggal berjalan ke arah barat saja. Setelah melewati 'rintangan' berupa ladang warga setempat, Anda akan sampai di Pantai Karang Bolong.

Sama halnya dengan Pantai Batu Bengkung, pantai ini pun terkenal dengan ombak yang cukup ganas. Tak heran jika Anda tidak disarankan untuk berenang atau sekadar bermain air. Namun, jangan khawatir, Anda masih bisa menikmati keindahan alam di pantai ini. Hamparan pasir putih halus, pemandangan lepas pantai yang menakjubkan, semilir angin laut, dan pesona matahari terbenam akan menggoda siapa saja untuk bermalam. Tapi ingat, Anda harus membawa tenda sendiri jika berniat untuk menginap di pantai ini.

Selain pemandangan yang memanjakan mata, pesona utama di Pantai Karang Bolong ini adalah hamparan batu karang yang penuh lubang. Batu karang di pantai ini umumnya tajam dan terbentuk secara alami. Karang-karang nan eksotis itu berlubang lantaran berkali-kali terkikis oleh gelombang air laut. Tak heran jika pantai ini dinamakan Pantai Karang Bolong (berlubang dalam bahasa Jawa).

Seperti halnya pantai yang belum tenar lainnya, Pantai Karang Bolong terbilang masih sepi dari pengunjung. Mereka yang berkunjung umumnya para pengunjung Pantai Batu Bengkung yang tidak sengaja menemukannya, atau baru dengar dari penduduk setempat jika ada pantai lain yang tak kalah indahnya di sisi barat. Maka, harap maklum jika pantai ini minim sekali fasilitas, seperti warung yang menjual makanan dan minuman. Anda harus membawa bekal sendiri agar tidak kelaparan saat bersantai di pantai ini.

Untuk menuju pantai ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 80 meter dengan estimasi waktu perjalanan selama 3 jam dari pusat Kota Malang. Anda harus membawa kendaraan pribadi, karena belum ada kendaraan umum yang menuju ke pantai ini. Ada dua rute yang bisa Anda tempuh. Pertama lewat jalur Kecamatan Turen. Sebelumnya, arahkan kendaraan ke Gadang, terus ke selatan menuju Kecamatan Bululawang. Sampai di pertigaan Pabrik Gula Krebet, pilih jalur ke kiri menuju Turen, lalu ke arah Kecamatan Sendang Biru. Sementara jalur kedua ada di pertigaan PG Krebet lurus saja menuju ke Kecamatan Gondanglegi, lalu ke Kecamatan Sendang Biru. Dari Sendang biru, ikuti saja papan petunjuk arah ke Pantai Bajul Mati atau Pantai Batu Bengkung, melalui Jalur Lintas Selatan. Jika Anda kesulitan, maka lebih baik tidak malu bertanya pada warga setempat untuk menemukan pintu masuk ke Pantai Karang Bolong.

0 comments:

MLG-87 FANS