Malang Raya adalah daerah paling istimewa di muka bumi ini. Mulai dari wisatanya, kulinernya, sejarahnya, tokoh-tokohnya, pendidikannya, seni dan budayanya, dan sebagainya. Semua keistimewaan itu ada di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu yang bersatu di kawasan Malang Raya. Belum lagi jika melihat potensi sepakbolanya yang ada pada Arema dan lain-lainnya. Nikamt dunia apa lagi dari-Nya yang Anda dustakan? Salam Satu Jiwa!

PANTAI DI MALANG

COBAN DI MALANG

KECAMATAN DI KOTA MALANG

KAMPUNG PETIK SAYUR DAN BUAH ORGANIK PURWODADI


Atas upaya dorongan dari Pemerintah Kota Malang, khususnya Walikota HM Anton, kampung tematik kian menjamur dewasa ini. Seperti yang ada di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing yang memiliki Kampung Petik Sayur dan Buah Organik.

Kampung ini merupakan salah satu potensi wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kelurahan Purwodadi. Kampung Petik Sayur dan Buah Organik ini berada di RW 12, tepatnya di RT 5 dan RT 7. Wilayah kedua RT ini sejak tahun lalu menyediakan lahan yang digunakan untuk menanam beberapa jenis sayur dan buah. Berbagai sayur-mayur dan buah-buahan itu ditanan dengan metode pertanian organik. Metode ini membatasi input sintetik modern seperti pestisida sintetik dan pupuk kimia. Untuk pemupukan, mereka memanfaatkan pupuk alami, seperti pupuk kompos dan pupuk kandang yang dihasilkan dari warga sendiri.

Awalnya, Kampung Petik Sayur dan Buah Organik ini dipersiapkan untuk mengikuti lomba kampung tematik bertajuk "Festival Rancang Malang". Hebatnya, adalam lomba yang diadakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang ini kampung wisata tersebut meraih prestasi cukup mentereng. Kampung yang diprakarsai sendiri oleh warga setempat ini meraih juara kedua. Mereka hanya kalah dari sang juara pertama, Kampung Bamboo Mewek Tunjungsekar, dan lebih banyak mengantongi nilai dari juara ketiga, Kampung Keramat Kasin. Atas prestasi tersebut, Kampung Petik Sayur dan Buah Organik Purwodadi diganjar hadiah uang pembinaan sebesar 13 juta rupiah oleh panitia. Hadiah diserahkan secara simbolis oleh Walikota Malang, Abah Anton dalam acara pengumuman pemenang Festival Rancang Malang.

Prestasi ini diharapkan dapat terus memotivasi warga Purwodadi untuk terus mengembangkan kampung wisata mereka. Harapan Abah Anton itu sekaligus menjadi harapan semua warga setempat yang ingin kampunya menjadi pelopor kampung tematik pengembangan atau budidaya tanaman organik di Malang Raya.

Selain Kampung Petik Sayur dan Buah Organik ini, sebenarnya Purwodadi memiliki potensi wisata lainnya, yaitu Kampung Kue, di mana sebagian besar penduduknya merupakan produsen kue basah yang setiap sore, dagangannya diambil untuk dijual kembali.

0 comments:

MLG-87 FANS